Penyakit Jantung Lansia dan Obat Herbalnya

Penyakit Jantung Lansia dan Obat Herbalnya

Seperti yang telah dibahas sebelumnya mengenai penyakit jantung hipertensi. Dan pada kesempatan kali ini kami, kami akan membahas mengenai rangkuman Penyakit Jantung Lansia.

Apa itu Penyakit Jantung Lansia ??

Penyakit Jantung Lansia – Penyebab angka kematian penyakit jantung terjadi pada usia lanjut pada usia rata-rata usia 75 tahun. Penyebab terjadi adanya perubahan fidiologi kardiovaskular dengan penuaan normal dan komorbiditas lazim yang umum mengakibatkan perubahan efek dari masalah penyakit jantung dan respon terhadap pengobatannya.

Perawatan dan pengobatan penyakit jantung yang kian meningkat harganya dalam mengobati penyakit jantung juga termasuk penyebab peningkatan angka kematian penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan terhadap penyakit lansia di Amerika.

penyakit jantung lansia

Pada tahun 2000, 12% dari populasi Amerika Serikat berusia lebih dari 65 tahun, dengan pertumbuhan diperkirakan 20% pada tahun 2030; mereka lebih dari 85 tahun merupakan 27% dari segmen ini lebih tua dari populasi.

Penyebab utama kematian pada mereka yang lebih tua dari 65 tahun adalah penyakit jantung, menghadirkan tantangan dalam diagnosis dan pengobatan.

Perawatan pasien lansia dengan kondisi jantung memiliki banyak perbedaan penting dari perawatan pasien yang lebih muda dengan diagnosis yang sama. Artikel ini meninjau beberapa pertimbangan khusus dalam pengelolaan pasien yang lebih tua dengan kondisi jantung yang umum.

PJK merupakan penyakit yang paling sering ditemukan pada lansia.  Dengan mengkombinasikan laporan insiden MI dan Angina Pektoris, badan National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) III di USA, didapat data bahwa sekitar 27% pria dan 17% wanita berusia 80 tahun ke atas menderita PJK.  Sedangkan pada kelompok umur 65-74 tahun, didapat 64% masalah jantung pada pria dan 60% pada wanita adalah PJK.

Ada 3 macam faktor resiko PJK :

  • Yang tidak dapat dihindari : umur, jenis kelamin, faktor keturunan.
  • Yang sukar dihindari : kepribadian
  • Yang dapat dihindari/dibatasi : merokok, hipertensi, DM, obesitas, hiperkolesterolemia.

Gejala dari penyakit jantung lansia :

Nyeri pada daerah prekordial dan sesak napas seringkali dirasakan pada penderita penyakit jantung di usia lanjut. Rasa cepat lelah yang berlebihan seringkali ditemukan sebagai dampak dari sesak napas yang biasanya terjadi di tengah malam. Gejala lainnya adalah kebingungan,muntah-muntah dan nyeri pada perut karena pengaruh dari bendungan hepar atau keluhan insomnia.

Pencegahan Penyakit Jantung Lansia

Pencegahan primer

Pencegahan primer adalah berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan kesehatan. Pencegahan primer penyakit jantung yang dapat dilakukan antara lain :
  • Stop merokok
  • Turunkan kolesterol
  • Obati tekanan darah tinggi
  • Latihan jasmani
  • Pelihara berat badan ideal
  • Konsumsi aspirin dosis rendah untuk pencegahan
  • Kelola dan kurangi stres.

Pencegahan Sekunder

Pencegahan sekunder adalah berbagai upaya yang dilakukan untuk deteksi dini adanya penyakit atau gangguan kesehatan agar dapat dilakukan tatalaksana sedini mungkin pula. Pencegahan sekunder yang dapat dilakukan :
  • Pemeriksaan kolesterol tiap 3-5 tahun.
  • Pemeriksaan elektrokardiogram (EKG)
  • Pemeriksaan tekanan darah setiap 3 tahun sebelum usia 40 tahun dan setiap tahun setelah berusia 40 tahun.

Untuk mempercepat pengobatan Penyakit jantung lansia bisa anda kunjungi di Ahlinya Penyakit Jantung atau bisa anda lihat di Obat Jantung Koroner.

Mungkin hanya itu yang bisa kami informasikan mengenai penyakit jantung lansia, semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kita dalam menjaga kesehatan jantung kita sejak dini, agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung diusia lanjut.

Penyakit Jantung Lansia dan Obat Herbalnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *