Manfaat Kulit Pisang Untuk Jantung

Manfaat Pisang Untuk Jantung – Tahukah anda bahwa kulit pisang dapat mengatasi dan mengobati penyakit jantung koroner dan kolesterol ?

Manfaat Kulit Pisang Untuk Jantung

Dari kulit pisang ada zat yang ternyata berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah dan jantung koroner. Adalah Lukman Azis (21), Nisa Alfilasari (20) dan Clara Arha (20) yang mengolah limbah kulit pisang itu dan mengekstrak zatnya. ‘’Ada kandungan zat pektin yang kami ekstrak untuk obat kolesterol dan jantung koroner,’’ ujar Lukman Azis, pemimpin tim penelitian.

Pektin adalah senyawa polisakarida kompleks yang ada di dalam dinding sel tumbuhan dan di temukan dalam berbagai jenis tanaman pangan terutama pada buah. Orang pertama yang berhasil mengkarakterisasi pektin sebagai salah satu komponen aktif pada buah yang dapat digunakan untuk pembentukan gel adalah Braconnot. Beliau juga yang menyarankan bahwa kata pektin berasal dari kata Yunani yang berarti untuk mengentalkan atau memperkuat (Nussinovitch, 1997).

Secara umum, yang disebut sebagai pektin adalah substansi pektat yang terdiri atas 3 unsur, yaitu protopektin, asam pektinat dan asam pektat. Protopektin adalah induk dari zat pektat yang tidak larut dalam air dan jika dihidrolisis menghasilkan asam pektinat. Asam pektinat adalah istilah yang digunakan bagi asam poligalakturonat yang mengandung gugus metil ester dalam jumlah yang cukup banyak. Asam pektat adalah zat pektat yang seluruhnya tersusun dari asam poligalakturonat yang bebas dari gugus metil ester (Christensen, 1986).

Struktur Pektin

Komponen utama dari senyawa pektin adalah asam D-galakturonat tetapi terdapat juga D-galaktosa, L-arabinosa dan L-ramnosa dalam jumlah yang beragam dan kadang terdapat gula lain dalam jumlah kecil. Beberapa gugus karboksilnya dapat teresterifikasi dengan metanol. Polimer asam anhidrogalakturonat tersebut merupakan rantai lurus atau tidak bercabang. Struktur pektin memiliki kemiripan dengan struktur selulosa. Namun, perbedaannya adalah pektin memiliki gugus metil ester sedangkan selulosa tidak (Rolin and De Vries, 1990).

Zat Patin di ujicobakan pada tikus percobaan yang kolesterolnya sudah dibuat tinggi hingga menderita jantung koroner. Mereka mengamat-amati efek marshmallow berpektin pada tikus-tikus itu. Saat diujikan, ternyata mampu menurunkan kolesterol. Dosis pada tikus itu akan dikonversikan ke dosis manusia,” jelas Lukman.

Dia mengakui produk akhir yang berkategori sebagai obat itu belum diujikan ke manusia. Namun dia mengatakan mulai dari bahan baku hingga prosesnya melibatkan bahan baku alami, tidak ada bahan kimia.

Mau yang sama-sama herbal namun sudah terbukti khasiatnya dalam mengatasi penyakit jantung baik koroner, bengkak, lemah dan klep jantung bocor. bisa anda buka di Ahlinya Penyakit Jantung.

Mungkin hanya itu yang dapat kami informasikan mengenai manfaat kulit pisang untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Semoga dengna adanya artikel ini bisa lebih menambah wawasan mengenai manfaat kulit pisang ini.

Baca juga : Ace Maxs

Manfaat Kulit Pisang Untuk Jantung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *