Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung – Begadang bisa dikatakan tidur kurang dari 8 jam, disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhiya, sehingga seseorang tidak tidur sampai larut malam dan biasanya mereka tidur kurang dari 6 jam saja.

Pada waktu malam hari seharusnya kita jadikan waktu untuk beristirahat, setelah seharian kita beraktifitas, Dan salah satu istirahat yang efektif adalah tidur selama 8 jam, agar tubuh kita kembali bugar untuk melakukan aktivitas pada esok hariya.

Mengapa Begadang Tidak Sehat Bagi Kesehatan Tubuh??

Karena pada saat kita bergadang kita, akan kehilangan hormon kortek dan hormon pertumbuhan kita akan terganggu, hal ini di karenakan ke dua hormon tersebut diproduksi pada malam hari ketika kita tidur. jika ke dua hormpn ini tidak diproduksi dengan baik, nantinya akan sangat berdampak pada kesehatan kita terutama pada kesehatan jantung.

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung

Efek dari pada sering bergadang.

Tahukah anda kurang tidur itu salah satu faktor penyebab meningkatnya penyakit jantung dan stroke ??

Penyakit Jantung dan Stroke

Kurang tidur dapat menyebabkan peradangan pada arteri di jantung, sehingga pemblokiran menjadi meningkat lebih tinggi yang dapat beresiko menjadi lebih besar pada penyakit jantung dan stroke.

Ketika kadar protein dalam tubuh seperti C-kreatif pada pembuluh darah (arteri) menjadi plak yang mengeras dan memblokir aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh yang membawa banyak oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Selain tidak baik untuk kesehatan jantung, efek dari pada bergadang itu sendiri tidak baik untuk kesehatan tubuh kita lainnya. Seperti :

Diabetes

Pada saat bergadang selain dapat meningkatkan protein C-kreatif pada arteri di jantung, efek bergadang juga dapat meningkatkan kadar gula darah tinggi yang dapat meningkatkan insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Orfeu Buxton di Boston’s Brigham dan Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terkena diabetes tipe-2.

Efek bergadang lainnya yaitu dapat meningkatkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Tumbuhnya Kanker

Kekurangan tidur dapat pula mempengaruhi produksi hormone melatonin. Melatonin adalah hormon yang dapat mengatur kapan waktunya tidur dan waktunya bangun, hormon ini akan meningkat pada tengah malam dan kembli turun pada 2/3 malam.

Ketika efek bergadang yang membuat kinerja hormon tidak bekerja dengan sangat baik maka, anti-oksidan yang kita butuhkan akan merasa terganggu, bahkan dapat menimbulkan kerusakan DNA. Hal ini dapat meningkatkan sel kanker dapat memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.




Nah itulah beberapa, efek bergadang bagi kesehatan tubuh kita, oleh karena itu, biasakan dari har ini untuk menghindari faktor yang dapat tubuh kita bekerja sampai larut malam.

Mungkin hanya itu yang dapat kami informasian mengenai bahaya efek keseringan bergadang bagi kesehatan jantung. Semoga dengan adanya artikel kali ini, bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, dan lebih menjaga kualitas tidur kita.

Dan bagi anda yang ingin mencari artikel kesehatan lainya bisa anda kunjungi website kami di Ahlinya Penyakit Jantung.

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Jantung

Baca Juga Artikel Lainnya :



 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *