3 Sampai 5 Cangkir Kopi Setiap Hari Turunkan Serangan Jantung

3 Sampai 5 Cangkir Kopi Setiap Hari Turunkan Serangan Jantung

http://www.ahlinyapenyakitjantung.web.id/3-sampai-5-cangkir-kopi-setiap-hari-turunkan-serangan-jantung/

3 Sampai 5 Cangkir Kopi setiap hari Turunkan Serangan Jantung – Kabar baik bagi orang-orang yang minum kopi setiap hari: Mengkonsumsi jumlah sedang kopi bisa menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, sebuah studi baru menemukan.

Studi tentang orang dewasa muda yang sehat di Korea menemukan bahwa, dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi , mereka yang minum 3-5 cangkir java per hari memiliki risiko lebih rendah mengalami endapan kalsium di arteri koroner mereka, yang merupakan indikator dari penyakit jantung . (Arteri koroner adalah pembuluh yang membawa darah beroksigen ke otot jantung itu sendiri.)

Peserta penelitian yang minum 3-4 cangkir memiliki risiko terendah terkena penyumbatan arteri dilihat dalam penelitian ini, kata Dr Eliseo Guallar, seorang ahli epidemiologi di Johns Hopkins University Bloomberg School of Public Health di Baltimore, Maryland, dan co-penulis penelitian yang diterbitkan hari ini (2 Maret) di jurnal jantung.

“Tapi risiko turun dengan hanya satu cangkir per hari,” dibandingkan dengan risiko orang yang tidak minum kopi, Guallar menambahkan.

Namun, para peneliti berhenti dari merekomendasikan bahwa orang minum kopi untuk mencegah penyakit jantung.

3 Sampai 5 Cangkir Kopi Setiap Hari Turunkan Serangan Jantung

Kopi dan Penyakit jantung

Hal ini pernah berpikir bahwa minum kopi dapat membuat Anda lebih rentan terhadap serangan jantung, tetapi semakin banyak bukti menunjukkan kebiasaan memiliki efek netral atau menguntungkan pada kesehatan jantung.

Sebuah analisis sebelumnya dari 36 studi menemukan bahwa konsumsi kopi moderat dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung, dan penelitian lain telah menemukan hubungan antara minum kopi dan penurunan risiko diabetes tipe 2 . Namun, minuman berkafein juga telah dikaitkan dengan peningkatan kolesterol LDL (yang disebut kolesterol “buruk”) dan peningkatan tekanan darah (tetapi efek ini berkurang sebagai orang membangun toleransi).

Dalam penelitian baru, Guallar dan rekan-rekannya di Rumah Sakit Samsung Kangbuk di Seoul, Korea Selatan, mempelajari lebih dari 25.000 pria dan wanita yang menjalani pemeriksaan rutin. Para peserta tidak memiliki tanda-tanda penyakit jantung, dan usia rata-rata mereka adalah 41 pada awal studi.

Peserta menyelesaikan kuesioner tentang pola makan mereka dan kebiasaan minum (termasuk konsumsi kopi), dan menjalani computed tomography (CT) scan untuk menentukan tingkat mereka kalsium arteri koroner (CAC).

CAC merupakan tanda penyakit arteri koroner, atau aterosklerosis, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama serangan jantung, kata Guallar. “Anda dapat memiliki penyakit selama bertahun-tahun tanpa gejala,” katanya kepada Live Science, menambahkan, “Sekarang dengan teknik ini, kita bisa tahu jika orang memiliki cara penyakit sebelum mereka memiliki gejala.”

Para peneliti membandingkan tingkat CAC orang dengan jumlah mereka konsumsi kopi, diklasifikasikan sebagai satu cangkir sehari, satu sampai tiga cangkir sehari, 3-5 cangkir sehari dan sedikitnya lima cangkir sehari. Mereka juga mengambil faktor-faktor seperti aktivitas fisik, merokok, BMI dan berapa banyak buah, sayuran dan daging merah orang makan.

3 sapai 5 cangkir sehari menjaga DOC jauh

Konsumsi kopi rata-rata dari mereka dalam penelitian ini adalah 1,8 cangkir per hari, dan 13,4 persen dari semua peserta memiliki tingkat terdeteksi CAC.

Orang-orang yang minum 3-5 cangkir kopi sehari memiliki sekitar 40 persen lebih sedikit kalsium di arteri mereka dibandingkan mereka yang tidak minum kopi, menurut penelitian. Mereka yang minum satu sampai tiga cangkir sehari memiliki kalsium 35 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi, dan mereka yang minum satu cangkir sehari memiliki 23 persen lebih kalsium.

Orang-orang dalam penelitian yang minum lima atau lebih cangkir sehari memiliki 19 persen lebih sedikit kalsium, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Guallar menekankan bahwa temuan menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi dan risiko penyakit jantung, tetapi tidak membuktikan bahwa hubungan sebab-akibat ada antara minum kopi dan memiliki kalsium kurang dalam arteri.

Sementara para ilmuwan tidak memiliki gagasan yang jelas bagaimana kopi dapat menurunkan risiko penyakit arteri, mungkin karena minuman ini banyak antioksidan, kata para peneliti.

“Ini mungkin adalah studi terbesar sampai saat ini melihat hubungan antara konsumsi kopi dengan penanda aterosklerosis subklinis,” kata Jared Reis, seorang ahli epidemiologi di National Heart, Lung, and Blood Institute di Bethesda, Maryland, yang tidak terlibat dalam pembelajaran.

Temuan ini konsisten dengan studi terbaru lainnya, Reis mengatakan Live Science. Dan meskipun penelitian hanya melibatkan peserta Korea, dia mengatakan dia tidak “melihat alasan mengapa hasilnya tidak akan digeneralisasikan untuk populasi lain.”

Studi ini tidak membedakan antara minum berkafein atau kopi tanpa kafein . Tapi tanpa kafein sangat tidak populer namun di Korea, kata Guallar. Dalam hal apapun, kafein adalah salah satu dari banyak zat dalam kopi, dan mungkin bukan salah satu yang menyebabkan manfaat penyakit jantung, katanya.

Baca juga Obat Jantung Koroner

– Info selengkapnya klik Obat Penyakit Jantung Herbal

3 Sampai 5 Cangkir Kopi Setiap Hari Turunkan Serangan Jantung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *